Kamis, 27 Januari 2011

acer aspire one mati total?

   Berdasarkan pengalaman pribadi aja ni ane share, ane punya leptop merk acer aspire one trus gak ada angin gak ada hujan waktu nyolok flashdisk temen tiba - tiba mati sendiri (biasanya disertai sama bluescreen), ya ane yang sering utak atik program" sih gk curiga apa sih, trus ntu ane nyalain lagi deh tu leptop,, eh pas nunggu leptop nyala malah ane heran sendiri koq kagak ada tampilannya sama sekali...??? ane cek tu lampu indikatornya nyala aje?? tapi tu leptop gak ada tanda" kehidupan, dengan hati yang rada was"+pikiran yg agak kacau, ane kpikiran "wah ni leptop jangan2 kena motherboardnya nih??" "ato jangan2 power suplaynya?"(maklum sering otak atik cpu)

   ya udah ane niat mo coba ngebongkar ntu leptop, eh ternyata ngebongkarnya susah jd ane gk jadi bongkar deh, y udh ane ambil aj leptop satunya trus browsing di mbah google... setelah melalui berbagai rintangan, dan waktu yg cukup lama akhirnya pencarian ane yg cuma 5 menit mendapatkan hasil..
 langsung aje dah, yang pertama  kalo agan2 sekalian punya leptop seri "aspire one mati total" liat tanda" di bawah ini :

1. waktu dinyalakan lampu indikator idup tapi layar mati(gak ada tnda" kehidupan)

2. inget2 sebelum kejadian ntu leptop diapain? kalo kejadiannya itu gara" :
    a.  nyolokin flashdisk trus tiba" mati.
    b.  ato abis di force shutdown(teken tombol power ampe mati)
    c.  apa aja deh, intinya bukan gara" bencana alam, kyk disambar petir, kebakaran, ato arus pendek yg
         bikin hardwarenya kebakar.

  nah kalo syarat" diatas terpenuhi kemungkinan besar itu "bios crash" yg menyebabkan leptop gk bisa boting bios makanya layar gak nyala sama sekali.
  cara betulinya gampang koq, asal punya koneksi internet..

1. siapin flashdisk ukuran brapa aja, format sistem memort ke FAT mode
2. download bios buat acer asphire one.
3. Extract Filenya(kalo dikompress) dan copy 2 file "penting" yaitu FLASHIT.EXE
    dan ZG5IA32.FD ke flashdisk langsung gak pake folder.
4. colokin Flasdisk di port USB kiri ntu leptop
6. pencet Tombol Fn dan Esc tahan trus pencet tombol power sekali(gk pake tahan)
7. Setelah beberapa detik, lepaskan tombol Fn+Esc. ntu tombol indikatornya blink" deh
8. pencet tombol power sekali lagi, maka flasddisk akan blinking(kalo flashdisk ente ada lampunye) tandanya
     file BIOS di dalam flasdisk lagi diakses..
9. Tunggu beberapa, trus bakal resttat sendiri
10. abis restart ntu, jreeng.. jreeng.. ACER ASPIRE ONE ente bakal nyal lagi deh


Link Downloadnya >> http://www.2shared.com/file/YbIjMkJP/bios_acerone.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar